DPKPP Kabupaten Pandeglang Telah Laksanakan Program, Hingga Warga Pemukiman Sekitar Merasakan Manfaatnya

TUNGGAL BERITA
Banten, Pandeglang
Dinas Pertanahan Kawasan Pemukiman Perumahan (DPKPP) Kabupaten Pandeglang telah laksanakan program untuk peningkatan sarana serta pemukiman dibeberapa wilayah kabupaten Pandeglang yang dinilai kumuh. Ratusan pekerjaan peningkatan baik yang bersumber dari APBD, APBN serta CSR dari pihak BUMN serta pihak lainnya. adapun untuk pengerjaannya baik melalui pihak ke tiga juga baik pihak pemberi bantuan serta swadaya.

 

Adalah Rony ST selaku Kepala Dinas dan didampingi Aip Setiawan selaku Kepala Bidang Perumahan didinas tersebut, mengatakan pada awak media diruang kerjanya pada Jumat 22 Desember 2023 yang lalu
Bahwa pada tahun 2023 ini, pihaknya telah melaksanakan pembangunan peningkatan kualitas permukiman wilayah kumuh di wilayah Kabupaten Pandeglang, dengan rincian kegiatan yaitu reguler kurang lebih sebanyak 23 lokasi di 35 Kecamatan yang ada di Pandeglang.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa untuk program BSPS (bantuan stimulan perumahan swadaya) tahun 2023 Kabupaten Pandeglang mendapatkan 2 sumber dana, yakni dari APBD, dan APBN. Untuk BSPS itu ada beberapa macam, yang pertama program BSPS replikasi sebanyak 40 unit yang didanai dari APBD dan dilaksanakan oleh pihak DPKPP itu sudah mencapai 100 persen Kemudian ada juga BSPS APBN, dan ini dilaksanakan oleh pihak satker ( satuan kerja) dari Kementerian PUPR sebanyak 135 unit dan sudah mencapai 100 persen. Dan untuk yang PKE nya itu sebanyak 150 unit, sekarang sudah selesai pengerjaannya,” jelas Rony yang diamini Aip.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tahun 2023 DPKPP Kabupaten Pandeglang juga miliki beberapa program unggulan, diantaranya RTLH (Rumah tidak layak huni), BSPS dan Penanganan Rumah Terdampak Bencana,

“Kaitan dengan beberapa program pada DPKPP Kabupaten Pandeglang, kami menangani beberapa program unggulan diantaranya BSPS dan SPM atau penanganan rumah terdampak bencana diantaranya bencana masif, gempa beberapa tahun yang lalu yang dilaksanakan oleh DPKP Provinsi sebanyak 63 unit dan tersebar dibeberapa Desa dan Kecamatan. Alhamdulilah sudah selesai sesuai dengan target,” ucap Rony.

“Alhamdulilah untuk program RTLH yang ditangani oleh pihak Provinsi, kita menerima bantuan sebanyak 206 unit, kemudian ada juga program penanganan kemiskinan ekstrim, yang sudah dilaksanakan dibeberapa desa dan kecamatan sebanyak 42 unit,” tutur Rony.

Selain itu DPKPP selaku kepanjangan Pemda Pandeglang, telah menerima bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari BUMN Kementerian Keuangan. Kemudian kita mendapatkan juga pada program RTLH bantuan dari BAZNAS (badan Amil Zakat nasional) Kabupaten Pandeglang sebanyak 5 unit, dan dari BAZNAS pusat sebanyak 5 unit, dan bantuan dari CSR Sarana Multigriya Finance (SMF). SMF ini tak lain BUMN Kementerian Keuangan, dan program ini dipusatkan di Kotaku, yang konsentrasinya diskala kumuh yang telah terselesaikan sesuai dengan jadwal.

“Juga pada program bedah rumah atau RTLH dan beberapa program lainnya yang menjadi prioritas (Pemkab pada tahun 2023 ini, sudah rampungnya pelaksanaan pembangunan jalan permukiman dikawasan kumuh sekitar 23 lokasi di beberapa Desa, Kelurahan, dan Kecamatan yang anggarannya bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2023,” ungkap Rony.

Ditegaskan Rony bahwa program-program tersebut sudah selesai sesuai jadwal dan target pada akhir tahun 2023 ini,
“kami optimis jika target kami di bulan Desember ini sudah menyelesaikan pekerjaan sebanyak kurang lebih sebanyak 646 pembangunan sudah selesai dibulan Desember ini, tentunya harapan kami jika semua bantuan tersebut bisa lebih masif yang datang ke Kabupaten Pandeglang,” ujar Rony

Besar harapannyapun peningkatan kualitas jalan dan permukiman kumuh dibeberapa wilayah di Kabupaten Pandeglang bisa berdampak positif kepada masyarakat.

“Selain dapat memperlancar arus lalulintas, juga meningkatkan sektor perekonomian masyarakat di lokasi tersebut. Diharapkan juga pada masyarakat dapat menjaga serta memliharanya,” tutur Rony dan Aip.

(Asep Setiawan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *