Pantau Mudik Lebaran 1445 H/2024 M. Pj Sekda Banten Virgojanti Alhamdulillah Lancar

TUNGGAL BERITA
Banten
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti bersama Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Banten Adil Triyanto dan Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus melakukan Pemantauan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran 2024 melalui udara, Selasa (9/4/2024). Arus mudik terpantau berkurang dan lancar.

Pemantauan dengan menggunakan helikopter tersebut berangkat dari landasan helikopter BPBD Provinsi Banten untuk memantau jalur Tol Cikupa hingga Tol Merak serta Pelabuhan Penyeberangan Merak maupun Pelabuhan Penyeberangan Ciwandan.

“Baru saja kita melakukan pemantauan bersama dari udara. Untuk hari ini ternyata kondisi jalan tol sampai ke dermaga Pelabuhan Merak Alhamdulillah cukup lengang atau tidak begitu banyak,” ungkap Virgojanti di Lapangan Helikopter BPBD Provinsi Banten, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

“Pemantauan dari udara ini sebagai langkah kita dalam memberikan informasi yang cepat jika terdapat titik kemacetan. Alhamdulillah hari ini semua berjalan lancar,” sambungnya.

Selanjutnya, Virgojanti juga menyampaikan masih terdapat pemudik yang saat ini sedang menuju ke Pelabuhan Merak maupun Ciwandan. Meski demikian jumlah pemudik hari ini tidak terlalu banyak.

“Masih ada beberapa kendaraan yang akan berlintas untuk menyeberang, namun semua keadaannya lancar,” katanya.

Virgojanti mengatakan pihaknya akan kembali melakukan pemantauan lalu lintas pada arus balik, maupun pada momentum libur bersama yang kerap digunakan masyarakat untuk berwisata.

“Mudah-mudahan nanti kondisi tetap terkendali dan masyarakat merasa aman serta nyaman. Pada arus balik juga akan kita pantau dan semoga semua dalam keadaan terkendali,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Banten Adil Triyanto menyampaikan, pemantauan melalui udara tersebut untuk menyampaikan informasi kondisi dan situasi terkini di sejumlah jalan yang digunakan para pemudik di wilayah Provinsi Banten.

“Kita memantau ke Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, kemudian jalan Tol Cikupa dan langsung kita nyisir sampai Tol Merak, itu semua lancar,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga akan melakukan pemantauan kembali pada saat arus balik. Serta menyiapkan sejumlah personil di sejumlah tempat-tempat wisata.

“Sebenarnya pemantauan ini tidak hanya melalui udara saja, tapi kita juga ada unsur lautnya. Jadi bergiliran pemantauannya,” kata Adil.

“Setelah hari raya itu cenderung di tempat wisata akan ramai oleh wisatawan, kita juga persiapkan beberapa personil serta stakeholder lainnya untuk berada di tempat-tempat wisata. Sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman saat berwisata,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *