PKA ke 8 Tahun 2023 Resmi Ditutup Sekda Aceh

TUNGGAL BERITA

Banda Aceh, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia” Resmi ditutup Pj.Gubernur Aceh Achmad Marzuki diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami Hamzah,

Bacaan Lainnya

Acara budaya Aceh itu berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu, 12 November 2023.

Atas nama pimpinan pemerintah Aceh, Sekretaris Daerah Aceh mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berhadir, dan mengunjungi, mengapresiasi serta memeriahkan seluruh prosesi acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami, bahwa acara yang kita selenggarakan dalam upaya melestarikan adat budaya Aceh ini telah mendapat apresiasi demikian baiknya dari seluruh lapisan masyarakat,” Ujar Bustami Hamzah.

Pekan Kebudayaan Aceh dapat senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan dan preservasi seni budaya Aceh, serta dapat menjadi ajang bertemunya produsen dan konsumen produk-produk khas Aceh, sehingga pada gilirannya, PKA dapat berperan signifikan dalam menggulirkan roda kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Sekda Aceh juga mengatakan Pekan Kebudayaan Aceh merupakan penggugah ingatan bagi masyarakat bahwa Aceh adalah daerah yang kaya dengan seni budaya luhur.

“PKA juga ditujukan sebagai ajang pemantik perhatian masyarakat mancanegara. Potensi Aceh yang sebagian sudah ditampilkan dalam PKA akan meningkatkan minat masyarakat negara-negara sahabat untuk datang ke negeri kita Aceh dan selanjutnya dapat semakin melancarkan roda ekonomi rakyat,” kata Bustami Hamzah.

Terutama dengan membangkitkan ghirah wisata alam serta UMKM, agar produk-produknya sanggup bersaing dan merajai pasar,

Pada penutupan PKA, panitia juga mengumumkan Kabupaten/Kota yang menjadi juara dalam penyelenggaraan PKA ke 8.

Di mana Aceh Selatan menjadi juara pertama atau juara umum. Selanjutnya berturut-turut yang menjadi juara adalah Aceh Besar, Kabupaten Bireuen, Aceh Barat, Aceh Utara dan Kota Banda Aceh.

Untuk juara pameran anjungan PKA 8 juga diraih oleh Aceh Selatan. Sementara Aceh Besar, Aceh Tengah, Sabang dan Kabupaten Simeulue menjadi juara kedua hingga harapan tiga.

Berikut juara umum PKA dari masa ke masa,PKA 1 Tahun 1958 Juara Banda Aceh,PKA 2 Tahun 1972 Juara Aceh Tengah, PKA 3 Tahun 1988 Juara Aceh Barat, PKA 4 Tahun 2004 Juara Aceh Tengah, PKA 5 Tahun 2009 Juara Aceh Tengah, PKA 6 Tahun 2013 Juara Aceh Besar, PKA 7 Tahun 2018 Juara Aceh Selatan dan PKA 8 Tahun 2023 Juara Aceh Selatan

Sejak dibukanya Pekan Budaya Aceh Tanggal 4 November yang lalu sampai dengan malam penutupan Pekan Kebudayaan Aceh Ke 8 anjungan pemerintah Kota Langsa banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Dimana kota langsa memperlihatkan koleksi benda-benda bersejarah aceh yang dimiliki oleh Museum Kota Langsa, dan khas kuliner langsa.

Kota Langsa dalam Pekan Kebudayaan Aceh Ke 8 Tahun 2023 mendapatkan penghargaan juara 3 dalam perlombaan dayung perahu, Langsa juga meraih juara harapan dua kategori Teater Tradisi.

Selanjutnya Langsa Juga menjadi juara 3 kategori lomba tari kreasi baru dan make up terbaik dalam Aceh Fashion Festival di ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8.*

(Rosyta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *